Hari Raya Nyepi

Pasti semua yang di Indonesia sudah pada tahu kalo hari Senin tanggal 19 Maret 2007 nanti umat Hindu bakal ngerayain Hari Nyepi. Kalau yang pernah tinggal di Bali pas hari Nyepi, pasti tahu banget deh... pada hari itu, kita ga boleh nyalain lampu (api dan apapun yang bercahaya), gak boleh keluar rumah, dan gak boleh gaduh atau ribut-ribut selama 24 jam! Pokoknya sesuai namanya "Nyepi", selama 24 jam itu bali jadi sepi seperti kota mati, tidak ada satu orang pun yang boleh terlihat di luar kecuali sang pecalang-pecalang. Siapa itu pecalang? Mereka adalah orang-orang Bali yang sudah terpilih untuk menjaga keamanan Bali, untuk acara-acara apapun tak terkecuali Nyepi.
Biasanya, kalau ada yang melanggar, contohnya ketahuan nyalain lampu, rumahnya pasti dilempar batu. Tapi kalau kebetulan pecalangnya baik hati, ya ditegur aja, diperingati.

Nah, kalau keluargaku gak pernah betah untuk ngejalanin Nyepi di rumah. Pokoknya gak bisa deh gelap-gelapan! Siasat kita di saat Nyepi tuh, kadang kita melarikan diri nginep di hotel (karena kalo di dalam kawasan hotel, pasti deh masih boleh keluar, nyalain lampu, karena kan terhalang oleh lobi. Jadi di luarnya gelap, tapi di dalem leluasa), atau juga kita pulang kampuang ke Surabaya.
Untuk tahun ini, rencananya kita akan hijrah ke Surabaya, karena kebetulan ada beberapa urusan keluarga. Kalau untukku sih ada urusan yang berhubungan dengan secret mission Hehehe...
So, kalau weekend ini aku menghilang, harap maklum yah! :)

Blessed weekend for all of you! God bless!

Update: Today (16 March 2007), my application for Duncan Norman scholarship has been handed in by my supervisor. Please help in prayers. Thanks.

Comments

  1. Padahal aku enjoy aja tuh nyepi di rumah. Toch hanya sekali setahun. Malamnya bisa ngeliat bintang di langit, ndenger suara jangkrik dan kodok dengan bening tanpa gangguan bunyi motor, sekaligus kan bisa dipake untuk berpikir hal2 lain dan merilekskan pikiran ini dari kegiatan normal sehari-hari.

    'met wiken panjang di Surabaya deh, Nie :)

    ReplyDelete
  2. udahhh... ke surabaya aja makanannya enak-enak :d

    ReplyDelete
  3. Tapi katanya justru suasana Nyepi banyak disukai sama turis asing ya?? Klo aku sh ga seneng, mendingan ga ke Bali, ha3... :)

    ReplyDelete
  4. iya, katanya nyepi itu brati sepi ya? gak boleh ngomong sama sekali dalam waktu 24 jam.. bener gak sih?

    ReplyDelete
  5. sering liat di TV kalo Bali gelap gulita pas Nyepi, sepi. hiii...

    btw, apa iya sampe dilempar batu begitu kak sher?

    ReplyDelete
  6. Have long weekend, deh kalo gitu. Take care, ya! :-)

    ReplyDelete
  7. hehe ngabur.. ga malahan boros tuh? tapi yah skalian long weekend kali ya! happy long weekend..
    soal scholarshipnya aku ikut doain :)

    ReplyDelete
  8. Pas nyepi... Jakarta sepi... karena pada liburan ke Bandung. Malah Bandung yang ramai.. n_n ~ dengan plat2 nomor B semuah hehehehe XD

    ReplyDelete
  9. jadi critanya gi ngilang neh... or menyepi ke t4 laen xixixi...

    ReplyDelete
  10. Pa kabar Sher..? Udah balik ke Bali lagi atau masih di Surabaya nih...? ;)

    ReplyDelete
  11. Nice blog. See more about pecalang at http://www.sapteka.net/pecalang.htm

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Happy Birthday, Hans

6 more days....

Back from business!